Minggu, 23 Desember 2012

Program Aplikasi Statistika


 
             Statistika itu ilmu yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang. Entah itu bidang kedokteran, pertanian, peternakan, perikanan, penelitian, ekonomi, dan sosial. Segala sesuatu yang berhubungan dengan statistika menurutku sangat menyenangkan dan penuh tantangan. Mulai dari mengumpulkan data, menganalisis, menginterpretasikan data, dan menghitung data- data semuanya sangat mengasyikkan. Butuh kalkulator, butuh bantuan tabel dan sebagainya. Tapi,, kalau data yang harus dihitung beratus-ratus bahkan beribu- ribu,rasanya tidak mungkin kita masih menghitungnya secara manual. Pastinya akan membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga yang banyak.
            Tapi, jangan khawatir kawan,, sekarang sudah banyak aplikasi- aplikasi statistika yang akan memudahkan kita dalam menghitung statistik. Mungkin kalian belum tahu apa aja program aplikasi statistika. Oke deh langsung aja aku kasi tau dan aku jelasin satu persatu  apa aja program aplikasi statistika saat ini. Program aplikasi statistika diantaranya ada Genstat, Minitab, dan SPSS.
1.    GENSTAT
Genstat merupakan sebuah paket program statistika yang dikembangkan oleh VSN Internasional Ltd dengan berkolaborasi dengan para statistisi dari Rothamsted Research dan berbagai organisasi Australia, Selandia Baru, Swiss, dan Inggris. Software ini memiliki berbagai jenis perintah analisis statistik. Cara penginputan datanya pun lebih mudah dan simpel.
              Kelebihan Genstat :
a.    Penginputan data dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu diinputkan secara langsung dalam gentat melalui spreadsheet dan diinputkan melalui microsoft office excel (dengan mengcopy dari excel dan paste di genstat), serta mengimport dari Microsoft Office Excel.
b.    Dengan menggunakan fasilitas function pada calculation kita dapat mencari nilai titik kritis berbagai sebaran dengan nilai alfa yang berbeda- beda tidak hanya 1% atau 5% saja.
c.    Spreadsheet yang dimiliki oleh Genstat terdiri dari : From Clipboard, From Excel, ODBC Query, Stored ODBC Retrieval, DDE Server Link, Vector, Scalar, Table, Matrix, Symmetric Matrix, Diagonal Matrix.
d.   Banyaknya kolom serta baris spreadsheet pada genstat dapat kita atur sendiri sesuai dengan banyaknya data yang ingin kita masukkan sehingga lebih fleksibel.
e.    Genstat memiliki berbagai macam fasilitas olah data termasuk basic statistic, , non- parametric test, distribution fitting, linear dan non- linear regression, generalized linear models (GLMs), generalized additive models (GAMs), analysis of designed experiments (ANOVA), analysis of variance components (REML), multivariate and cluster analysis and time series analysis.
f.     Genstat juga menyediakan perintah untuk manajemen data, kalkulasi, manipulasi, dan penyajian grafik.
2.    MINITAB
Paket program minitab merupakan salah satu software yang sangat besar kontribusinya sebagai media pengolahan data statistik. Software ini menyediakan berbagai jenis perintah yang memungkinkan proses pemasukan data, manipulasi data pembuatan grafik dan berbagai analisis statistik. Mminitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan,Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.
Minitab mempunyai dua layar primer, yaitu worksheet (lembar kerja) untuk melihat dan mengedit lembar kerja serta sesi Command yang merupakan layar untuk menampilkan hasil. Perintah- perintah Minitab dapat diakses melalui menu, kotak dialog, maupun perintah interaktif.
               Kelebihan MINITAB :
a.    Minitab memiliki keunggulan dari pengolahan data statistik khususnya Analysis of Variance (ANOVA), desain eksperimen, analisis multivariat, peramalan,analisis time series, statistical prosess control, analisis data kualitatif, analisis non parametrik, analisis reabilitas dan lain- lain.
b.    Minitab memberikan fasilitas membuat grafik statistic secara mudah dan menyampaikannya dalam bentuk lebih menarik, informatif, dan sekaligus menceritakan probabilitas.
c.    Minitab menyediakan StatGuide yang menjelaskan cara melakukan interpretasi tabel dan grafik statistika yang dihasilkan oleh minitab dengan cara yang mudah dipahami.
d.   Minitab mempunyai ukuran worksheet dinamis dan membuat kolom sampai 4000.
e.    Minitab memiliki 2 layar primer yaitu worksheet (lembar kerja) dan sesi Command (layar untuk menampilkan hasil)
f.     Tampilan menu di minitab, lebih lengkap dan disertai toolbar- toolbar sehingga akan memudahkan anda dalam menjalankan perintah.
g.    Mempunyai file minitab worksheet (MTW) dan Minitab Project (MPJ) yang digunakan untuk membedakan file worksheet dan file project.
h.    Minitab menyediakan ReportPad agar mudah membuat laporan project yang telah dibuat.
i.      Minitab memberikan kebebasan pada anda dalam membuat nama yang panjang pada file tanpa harus menyingkat nama file.
j.      Minitab menyediakan fasilitas makro untuk membuat program yang berulangkali dipakai, memperluas fungsi minitab, atau mendesain perintah sendiri. Selain itu, minitab memiliki Bahasa pemograman makro lebih mudah.   
3.    SPSS
SPSS (Statistical Package for Sosial Science) merupakan sebuah program aplikasi yang memiliki analisis data statistik yang cukup tinggi. SPSS memiliki operasi manajemen data dengan metode pengoprasian yang cukup sederhana. SPSS ini digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan yang dapat menyangkut sikap, pengetahuan, daya beli, kemampuan individu, kemampuan bayar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aspek kesosialan.
Program SPSS yang pertama kali dibuat dengan nama SPSS/PC+ yang masih berbasis teks dan masih memiliki kekurangan dalam pengoprasiannya karena masih menggunakan kode eksternal dan membutuhkan bantuan software lain yang berupa editor. Program SPSS yang sekarang diluncurkan mengikuti perkembangan program komputer dalam bentuk aplikasi windows dimana aplikasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan aplikasi sistem DOS,WS,dan Lotus karena kemudahan dan kecepatan dalam penggunaan dan pengoprasiannya.
               Kelebihan SPSS :
a.    SPSS mampu mengakses data dari berbagai macam format data yang tersedia seperti dBase, Lotus, Acces, Text file, Spreadsheet, bahkan mengakses database melalui ODBC (Open Data Base Connectivity) sehingga data yang sudah ada, dalam berbagai macam format bisa langsung dibaca SPSS untuk dianlisis.
b.    SPSS memberi tampilan data yang lebih informatif, yaitu menampilkan data sesuai nilainya (menampilkan label data dalam kata-kata) meskipun sebenarnya kita sedang bekerja menggunakan angka- angka (kode data).
c.    SPSS memberikan informasi lebih akurat dengan memperlakukan missing data secara tepat, yaitu dengan memberi kode alasan mengapa terjadi missing data.
d.   SPSS melakukan analisis yang sama untuk kelompok- kelompok pengamatan yang berbeda secara sekaligus hanya dalam beberapa mouse klik saja.
e.    SPSS mampu merangkum data dalam format table multidimensi (crosstabs), yaitu beberapa fieldditabulasikan secara bersamaan.
f.     Tabel multidimensi SPSS sifatnya interaktif. Kolom tabel bisa didirubah menjadi baris tabel dan sebaliknya. Semua nilai dalam sel- sel tabel akan disesuaikan secara otomatis. Hal ini sangat memudahkan pekerjaan eksplorasi data.
Oke deh,,itu sedikit informasi tentang software aplikasi statistik yang berkembang pada saat ini beserta keunggulannya. Sebenarnya aplikasi tersebut sama saja, tergantung temen- temen membutuhkan dan menggunakannya dalam bidang apa. Kalau dalam bidang ilmu Science sebaiknya menggunakan Genstat atau Minitab dan jika digunakan dalam ilmu sosial sebaiknya menggunakan SPSS. Jadi temen-temen gak usah galau lagi kalau harus menghitung dan menganalisis data statistik yang buaanyak buaanget. Selamat mencoba.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar